RSS

Pentingnya Komunikasi dengan Pengunjung Situs Kita

Tidak semua orang mengenal situs kita, mungkin hanya beberapa saja diantara mereka yang terbiasa dengan situs kita selebihnya mereka adalah pengunjung baru yang belum terbiasa dengan sistem navigasi yang tersedia pada situs kita. Ibarat mengunjungi kota lain untuk pertama kalinya, seorang pengunjung/turis membutuhkan panduan yang jelas agar tidak tersesat, mereka akan membawa peta dan melihat tanda-tanda disepanjang jalan. Begitu juga dengan pengunjung sebuah situs, mereka membutuhkan petunjuk yang jelas agar mereka dapat langsung menemukan apa yang mereka cari dalam situs tersebut, oleh sebab itu komunikasi yang terjalin hangat dengan pengunjung situs akan membuat mereka nyaman dan betah berada lama pada situs kita.
Sebagai tuan rumah yang baik, sudah semestinya kita memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat dan tepat, atau kita akan mengambil resiko ditinggalkan pengunjung/visitor tanpa mengucapkan kata "sampai jumpa lagi" bahkan "selamat tinggal" sekalipun. Lebih parah lagi kalau mereka menceritakan pengalamannya itu kepada teman atau kerabatnya.
Teman saya pernah bilang, "rasanya fasilitas itu tidak perlu, saya lebih memilih try and error saja, saya malas membaca lama-lama". Ok, mungkin ada diantara kita yang lebih suka "try and error", tetapi kita tidak dapat men-generalisasi semua orang berpikiran sama seperti kita, bagaimanapun juga fasilitas yang kita buat untuk mempermudah visitor berselancar disitus kita sangat diperlukan sebagai tanda kepedulian kita kepada pengunjung situs. Ingat pelayanan yang memuaskan akan membuat mereka datang kembali.
Komunikasi dengan visitor .. caranya ?

Untuk melakukan komunikasi dengan visitor, kita dapat melakukannya dengan berbagai cara, diantaranya :
1. Membuat Sistem navigasi yang mudah dipahami
2. Pedoman khusus yang dipasang pada halaman-halaman tertentu
3. Melengkapi situs dengan Site map
4. Fasilitas pencarian
5. Error Message yang mudah dimengerti.
6. Help dan 'first time tutorial'

Selain cara-cara diatas mungkin ada yang memiliki ide lain semisal menyediakan live chat, sehingga visitor dapat langsung menghubungi anda ketika mereka membutuhkan bantuan, atau setidaknya anda bersedia membalas email visitor dengan cepat, untuk memberikan batuan kepada visitor bersangkutan.

Membuat Sistem Navigasi Yang Mudah Dipahami
Ada saat-saat dimana kita sibuk memikirkan desain yang bagus untuk situs kita, tapi jangan lupa bahwa "usabilty" juga penting. Bukan hanya desain yang bagus saja yang membuat visitor senang dengan situs kita, kenyamanan dalam menelusuri informasi juga tidak kalah pentingnya.
Sistem navigasi yang bagus akan menolong visitor menemukan tujuannya dengan cepat.

Pedoman Khusus Pada Halaman Tertentu
Yang ini kadang tidak mendapat perhatian utama dari seorang web designer, padahal pedoman khusus yang sesuai dengan halaman-halaman tertentu akan sangat membantu visitor melakukan aktifitas disitus kita. Misal pedoman yang dipasang pada halaman registrasi. Berapa karakter yang diperbolehkan untuk sebuah "username", karakter apa saja yang dibolehkan dan huruf nya kecil atau besar. nah kadang-kadang visitor mengetahui hal ini setelah mereka menekan tombol "submit" dan mendapatkan error message.

Melengkapi Situs Dengan Site Map
Site Map atau peta situs dapat memberikan gambaran singkat tetapi lengkap tentang keseluruhan isi situs, site map akan berguna sekali untuk scaning informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung situs kita.

Fasilitas Pencarian
Untuk sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu, menelusuri semua halaman situs untuk mencari informasi yang dibutuhkan bisa membuat mereka kesal, oleh sebab itu fasilitas pencarian akan sangat berarti bagi mereka. Dengan menyediakan fasilitas ini pada situs kita, maka pengunjung akan merasa nyaman dengan kemudahan mencari informasi yang dibutuhkannya.

Error Message
Untuk sebagian pengunjung yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang komputer dan internet, error message yang tidak jelas dapat membingungkan mereka bahkan membuat panik. Kata-kata seperti "Fatal Error" yang tidak disertai dengan penjelasan yang memadai akan membuat mereka tambah kebingungan, apalagi menyangkut data pribadi atau pendaftaran yang gagal padahal mereka sangat membutuhkan itu dalam waktu yang cepat.
Sebuah error message yang baik biasanya memberitahukan hal-hal seperti : masalah apa yang sedang terjadi dan bagaimana mengatasi masalah itu serta disertai link terkait.

Help dan 'Fisrt time tutorial'
Membuat dokumentasi situs dan mengumpulkan informasi berguna dalam help, kadang membuat kita malas mengerjakannya, apalagi untuk situs pribadi yang non-komersial. Tetapi kenyataannya hal ini sangat berguna baik bagi kita maupun bagi pengunjung.
alibaba.com, memberikan petunjuk how-to untuk buyer dan seller
Sebuah situs yang baik biasanya menyediakan semacam panduan, how-to atau "fisrt time tutorial" untuk pengunjungnya.

Akhirnya .. komunikasi yang terjalin dengan pengunjung situs akan membuat mereka nyaman dan tidak ragu untuk kembali lagi mengunjungi situs kita. Nah, Sobat itulah sedikit tips buat para blogger semua khususnya untuk pemula. Semoga bermanfaat…….

0 komentar:

Posting Komentar